JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 8 No. 4: September 2024

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SDN 064037 MEDAN TEMBUNG

Muammar Sahala Tua Siregar (Universitas Negeri Medan)
Natacia Ounike Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)
Salsabila Salsabila (Universitas Negeri Medan)
Selsa Simanungkalit (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Dalam konteks pendidikan dasar, penerapan nilai-nilai Pancasila seringkali menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Tantangan utama adalah mengakhiri metode pengajaran yang tidak hanya efektif. Tujuan penelitian yaitu menggali Implementasi nilai-nilai Pancasila Melalui Metode Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SDN 064037 Tembung. Metode Penelitian yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan data pendukung berupa buku, jurnal, dan sumber lain yang relevan. Analisis menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui metode STAD di kelas V SDN 064037 Tembung membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif dapat menjadi sarana yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini. Melalui kerja sama tim, tanggung jawab bersama, keadilan dalam penilaian, dan praktik demokrasi dalam pengambilan keputusan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...