Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar UPTD SDN 4 Pringgacala pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran multisensori dibantu media belajar sempoa dalam menghadapi permasalahan konsep berhitung perkalian dan pembagian. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dengan tahap pelaksanaan 3 siklus. Indikator Klasikal pada penelitian ini yaitu sebesar 80% dari 39 sampel siswa kelas 2. Pada penelitian ini, data diperoleh dari pelaksanaan tindakan setiap siklus dimana mengalami peningkatan pada nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 65.64 dengan ketuntasan persentase 71,7%, siklus 2 rata-rata meningkat menjadi  73.84 dengan persentase 79.4% dan pada siklus3 dengan rata-rata 82,30 dengan  persentase klasikal 87,17%
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024