Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui gambaran kebutuhan bimbingan pribadi sosial melalui konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan di SMA Negeri 9 Pangkep. (2) Mengetahui bentuk model bimbingan pribadi sosial melalui konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan di SMA Negeri 9 Pangkep. (3) Mengetahui kevalidan dan kepraktisan model bimbingan pribadi sosial melalui konselor sebaya untuk mengurangi perilaku bullying di SMA Negeri 9 Pangkep. (4) Mengetahui keefektifan model bimbingan pribadi sosial melalui konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan di SMA Negeri 9 Pangkep. Populasi Penelitian sebanyak 30 siswa dengan metode purposive sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 8 siswa, pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Pendekatan penelitian yaitu penelitian pengembangan (Research and Development), Metode Analisis data kuantitatif dan kualitatif dan digunakan teknik Analisis data yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Panduan bimbingan pribadi sosial melalui teknik konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan sangat dibutuhkan oleh siswa. (2) Bentuk model bimbingan pribadi sosial melalui teknik konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pangkep yakni berupa panduan atau modul yang terdiri dari latar belakang, tujuan, sasaran, sistematika kegiatan dan alokasi waktu, skenario kegiatan konseling kelompok, tahap kegiatan konseling kelompok, tempat kegiatan, dan isi panduan yang meliputi materi dari aspek bimbingan pribadi sosial, (3) Model bimbingan pribadi sosial melalui teknik konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan pada siswa beserta panduannya dinilai valid dan praktis untuk mengurangi perilaku perundungan pada siswa, (4) Model bimbingan pribadi sosial melalui teknik konselor sebaya untuk mengurangi perilaku perundungan pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Pangkep efektif dalam mengurangi perilaku perundungan pada siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024