Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 1: JUNI 2024

Pengaruh Audit Tenure, Opinion Shopping, dan Pertumbuhan Perusahaan Pada Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Perkebunan dan Subsektor Tekstil yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Wibowo, Muhammad Prasetyo (Unknown)
Andri, Shofwan (Unknown)
Lubis, Ainun Yusriyah (Unknown)
Barus, Muhammad Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Opini audit going concern merupakan hal yang menjadi pertimbangan para pengguna laporan keuangan untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi.  Opini audit going concern yang diterima oleh suatu perusahaan menunjukan bahwa adanya keraguan auditor akan kengsunagn hidup suatu perusahaan.Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh audit tenure, opinion shopping, dan pertumbuhan perusahaan terhadap penerimaan opini audt going concern pada perusahaan manufaktur subsektor perkebunan dan subsektor tekstil  tahun 2017-2018 yang terdaftar di BEI. Opini audit going concern merupakan peringatan awal (early warning) bagi para pengguna laporan keuangan guna menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.dengan menggunakan regresi logistik dengan jumlah sampel sebanyak 26 perushaan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasrakan hasil penelitian ini menunjukan bahwa opini audit tahun sebelumnya secara signifikan berpengaruh positif terhadap penerimaan opii audit going concern. Sedangkan untuk variabel audit tenure, opinion shopping, dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...