@Artikulasi
Vol 4, No 1 (2024): April 2024

Bahasa dan Ideologi dalam Iklan Skincare Garnier Brand Ambassador Tiara Andini pada Media Youtube: Sebuah Kajian Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

Tarigan, Agriva Randika (Unknown)
Simanjuntak, Febrina Angelica (Unknown)
Malau, Sepriyani (Unknown)
Manullang, Trivani Laura (Unknown)
Siregar, Mustika Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara bahasa dan ideologi dalam iklan skincare Garnier. Penelitian ini menganalisis konstruksi bahasa dalam iklan untuk mengungkap bagaimana ideologi tentang kecantikan dan perawatan kulit tercermin dalam pesan-pesan yang disampaikan. Pendekatan yang digunakan teori Norman Fairclough dengan meninjau tiga yaitu dimensi teks (analisis struktur, analisis makna, analisis implikasi teks), dimensi dikursus (analisis formasi diskursus, analisis representasi, analisis intertekstualitas), dan dimensi praktik sosial (analisis posisi sosial, analisis praktik sosial, analisis perubahan sosial). Sedangkan ideologi menganalisis teks kalimat dan artis sebagai brand ambassadornya. Adapaun data penelitian ini adalah iklan skincare Garnier di media YouTube. Hasil dari penelitian ini memaparkan makna dibalik penggunaan bahasa dan ideologi dalam iklan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPBSI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal @Artikulasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Progran Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ini terbit pertama kali pada Mei 2002 dengan nama ...