Transformasi pendidikan saat ini menuntut pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran. Artikel ini membahas penggunaan Augmented Reality (AR) yang dipergunakan dalam pembelajaran sebagai media yang interaktif untuk pengajaran ekonomi di SMA Kota Singkawang. Meskipun banyak fasilitas teknologi tersedia, pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran masih terbatas. AR, teknologi yang menggabungkan informasi virtual dengan dunia fisik, menawarkan pendekatan baru untuk memahami konsep-konsep ekonomi yang kompleks. Maksud penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Augmented Reality (AR) untuk memfasilitasi peserta didik memahami berbagai konsep ekonomi yang sulit. Penelitian ini menemukan terjadinya peningkatan yang signifikan hasil pretest dibandingkan dengan posttest setelah penggunaan media Augmented Reality (AR). Temuan ini mendukung bahwa AR berdampak secara positif terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik. Augmented Reality (AR) membawa konsep-konsep ekonomi yang kompleks menjadi lebih mudah dimengerti dan menarik bagi peserta didik. Selain menambah pemahaman tentang manfaat Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran ekonomi, penelitian ini juga menyumbangkan ide-ide untuk pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif di era digital.
Copyrights © 2024