Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Buku Ajar Tema 7 Subtema 1 Pada Kelas III SDN 42 Pontianak Kota

Agusturrahman (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)
Ghasya, Dyoty Auliya Vilda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk buku ajar cetak pada tema 7 perkembangan teknologi subtema 1 pada kelas III sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota yang Valid berdasakan ahli media, dan praktis berdasarkan perserta didik, dan guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RnD) menggunakan pendekatan mixmethod, metode penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan langkah, analysis, design, development, implemention, dan evaluation. Insturemen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli media, angket kepraktisan peserta didik, dan angket guru. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari validasi para ahli, dan angket kepraktisan peserta didik dan seorang guru. Sedangkan data kualititatif dianalisis dengan menghitung rata-rata skor kemudian dikonversikan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengembangan produk buku ajar yang tervalidasi dengan kategori “Valid”. Kemudian data uji coba produk pada perserta didik dan guru untuk kepraktisan buku ajar dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dapat disimpulkan produk buku ajar cetak tematik valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...