Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Medis Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Terhadap Jumlah Kunjungan Pasien (Studi Pada Instalasi Rawat Inap Ruangan Mawar Dalam Rumah Sakit Umum Sinar Kasih Tentena Kabupaten Poso)

Anathasia, Sophiana Enjellin (Unknown)
Kosasih, Kosasih (Unknown)
Syahidin, Rukhiyat (Unknown)
Asnar, Etty Sofia Mariati (Unknown)
Yuliaty, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, fasilitas medis, kepuasan pasien dan kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Sinar Kasih Tentena Kabupaten Poso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien di RS Umum Sinar Kasih Tentena Kabupaten Poso yang berjumlah 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian analisis deskriptif terhadap kualitas pelayanan, fasilitas medis, kepuasan pasien dan kunjungan pasien dengan penilaian baik menuju sangat baik, masih ditemukan beberapa kekurangan yang harus diperhatikan untuk diperbaiki. Sedangkan hasil penelitian verifikatif, model analisis jalur menunjukkan nilai koefisien jalur variabel kualitas pelayanan terhadap kunjungan pasien bernilai positif dan nilai koefisien jalur pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung (48,2%>11,5%), demikian juga variabel kualitas pelayanan terhadap kunjungan pasien bernilai positif dan nilai koefisien pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung (11.5%>2.3%) artinya variabel kepuasan pasien sebagai variabel intervening mampu memediasi variabel kualitas pelayanan maupun variabel fasilitas medis terhadap variabel kunjungan pasien. Nilai koefisien korelasi 0,818 menunjukan adanya hubungan yang kuat antara variabel kualitas pelayanan, variabel fasilitas medis, variabel kepuasan pasien terhadap variabel kunjungan pasien dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 65,0% menunjukan variasi atar variabel cukup besar. Hasil hipotesis statistik untuk uji-t (parsial), variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kunjungan pasien, karena t-hitung > tα (2,966 > 1,99), variabel fasilitas medis berpengaruh positif terhadap variabel kunjungan pasien, karena t-hitung > tα (2,200 > 1,99). Untuk uji-F (simultan), variabel kualitas pelayanan dan fasilitas medis terhadap kepuasan pasien berpengaruh positif karena nilai f-hitung > fα ( 87,769> 3,10). Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan adanya implikasi variabel kualitas pelayanan, fasilitas medis dan variabel kepuasan pasien terhadap kunjungan pasien.Kata Kunci: Fasilitas Medis, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Kunjungan Pasien

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...