Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 3 (2024): Journal of Human And Education

Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang

Lase, Ekklesia Eunike (Unknown)
Tumanggor, Raja Oloan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Salah satu masalah yang rentan terjadi di lingkungan sekolah adalah perkelahian antar teman. Perkelahian tersebut tentunya terjadi akibat kurangnya kemampuan siswa dalam meregulasi emosi. Psikoedukasi ini diikuti oleh 29 siswa kelas VII SMP Strada Slamet Riyadi Kota Tangerang, Banten. Psikoedukasi bertujuan agar peserta didik dapat lebih mengenal, memahami, dan pada akhirnya mampu meningkatkan kemampuan regulasi emosi, sehingga dapat tercipta lingkungan sekolah yang aman, tertib, dan nyaman. Melalui kegiatan psikoedukasi diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, hampir semua siswa menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan regulasi emosi yang rendah. Hal ini ditandai dengan kesulitan siswa untuk menenangkan diri, berpikir matang, dan berbicara dengan baik saat emosi negatifnya muncul. Kedua, siswa menyadari pentingnya regulasi emosi dalam kehidupan sehari- hari dan memberikan manfaat untuk mempererat kerukunan antar teman dan memberikan kesan yang baik kepada orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...