Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang ada di sebuah lembaga pendidikan, dan merupakan sebuah hal yang cukup sentral pada sebuah pendidikan formal. Kurikulum merdeka yang diterapkan pada pendidikan saat ini memiliki ciri khas tersendiri seperti dalam pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi rakyat, terutama pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan SMPN 2 Puri. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumen dengan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman. Pada penelitian ini menghasilkan suatu data, bahwa implementasi kurikulum merdeka memiliki ciri khas pada proses pembelajaran, seperti dalam tahap persiapan yang dilakukan dengan penyusunan perangkat ajar dimana disesuaikan denga profil pelajar pancasila, proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran diferensiasi, serta berbagai kendala yang dialami oleh pendidik pada pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan oleh satuan pendidikan SMPN 2 Puri dapat memberi pembelajaran yang baru bagi peserta didik karena sistem perangkat ajar yang lebih sederhana, dan metode pembelajaran yang bervariasi. Kata Kunci: Implementasi kurikulum merdeka, bahasa indonesia, puisi rakyat
Copyrights © 2024