Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 5 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Pendampingan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al Qur’an Dengan Metode Qiroati

Munir, Muhammad (Unknown)
Ariani, Sri Shanti (Unknown)
Hildaini, Nur Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Kegiatan PkM di desa pogading timur bertujuan pendampingan dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an dengan metode Qiroati. Metode Qiroati merupakan metode belajar baca Al-Quran yang langsung mempraktekkan bacaan yang tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid praktis, sederhana dan juga dapat dilakukan sedikit demi sedikit yang artinya anak-anak tidak berpindah pada halaman selanjutnya apabila santri belum bisa membaca halaman tersebut dengan benar dan lancer. Pelaksanaan kegiatan PkM berlokasi TPQ lumbung Tahfiz syekh Abdussatar. Metode dalam kegiatan PkM yaitu metode PAR. Identifikasi masalah melalalui observasi lapangan dilanjutkan dengan tahap berikutnya yaitu tahapan pengorganisasian dan merancang program, setelah itu dilanjutkan dengan aksi atau pelaksanaan program sampai tahap terakhir yaitu tahap evaluasi. Berdasarkan hasil PkM pelaksanaan pedampingan menggunakan Metode qiroati, selain fasih dalam baca al-qur’an, mereka juga semangat dalam belajar Al-qur’an karena mereka langsung didampingi dan diperbaiki bacaannya apabila terjadi kesalahan dalam menyebut hurufnya. dengan demikian mereka mengetahui dimana harus membaca panjang atau pendek setiap hurufnya selain itu juga anak-anak tidak membosan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...