Dengan penggunaan teknologi terbaru dimana pembelajaran bisa dilakukan dimanapun dan kapanpu, seharusnya kualitas pembelajaran dan hasil yang didapat akan lebih baik. Akan tetapi, pada saat ini, setelah habis masa pandemi Covid-19 pelarangan proses belajar mengajar secara daring itu terjadi. Jadi apakah efektifitas belajar secara online itu memang benar atau hanya sekedar kebanggaan atas kemajuan teknologi tanpa mendapatkan hasil yang lebih baik. Oleh karena itu perlu dilaksanakan penelitian lebih lanjut tentang efektifitas penggunaan aplikasi zoom meeting di Kampus 2 Universitas andalas.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dari 22 responden yang telah mengisi kusioner mendapatkan hasil bahwa 41% mahasiswa kampus II Universitas Andalas merasa bahwa belajar secara daring menggunkan aplikasi zoom meeting efektif, sedangkan selebihnya yaitu sebesar 59% merasa bahwa belajar secara daring menggunakan zoom meeting tidak efektif. Hal ini relevan dengan penelitia yang dilakukan oleh Far-Far (2021) yang hasil dari penelitian tersebut adalah terdapat sebesar 80% mahasiswa merasa belajar daring dengan zoom meeting itu tidak efektif.
Copyrights © 2024