Era disrupsi bergerak sangat cepat dan mempengaruhi seluruh tatanan fundamental manusia, salah satunya pada perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Fenomena ini tidak dapat dihindari, melainkan perlu adanya adaptasi yang tepat pada setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi. Nokia adalah salah satu perusahaan yang pernah mendominasi pasar pada awal tahun 2000-an, namun sayangnya Nokia tidak dapat mempertahankan daya saingnya untuk waktu yang lama karena kegagalan mereka dalam menghadapi era disrupsi. Kondisi tersebut membuat Nokia berusaha untuk bisa bertahan dan meningkatkan eksistensinya sebagai brand smartphone di tengah gempuran kompetitornya. Hal tersebut mendorong pelaksanaan media monitoring, guna memantau pemberitaan dan insights brand Nokia pada media online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan media monitoring analytical tools, Brand24. Data yang dihimpun pada Brand24 adalah data pada media online dengan segmentasi lini masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nokia memiliki berbagai pemberitaan dengan dominasi berita bersentimen positif dan menunjukkan jumlah insights dari setiap penyebutan pada media online yang beragam.
Copyrights © 2024