Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
Vol 17 No 2 (2023): Tadris: Jurnal penelitian dan pemikiran pendidikan islam

Implementasi Metode Praktis Berbasis Pendekatan Informal pada Pembelajaran Paragraph Writing Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

Fauzi, Ali (Unknown)
Ghoni, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang di anggap penting dalam mentransfer dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta membangun hubungan antar bangsa. Tujuan pembelajaran bahasa Inggris di PTKIS adalah untuk membekali mahasiswa empat kemampuan berbahasa Inggris yang meliptui Listening, Reading, Speaking dan Writing. Pengajaran keempat kemampuan tersebut di berikan secara integratif akan tetapi pada jenjang tertentu perlu ada penekanan pada kemampuan tertentu misalnya speaking dan writing dengan metode dan pendekatan tertentu. Salah satu metode dan pendekatan belajar bahasa Inggris khususnya Writing adalah metode praktis berbasis pendekatan informal. Model pembelajaran ini di dasarkan pada fenomena ddi mana mahasiswa pada saat belajar bahasa Inggris dengan disiplin dan aturan yang ketat hasil yang tampak ternyata kurang memuaskan. Maka di cobalah dengan menerapkan metode praktis berbasis pendekatan informal pada pembelajaran paragraph writing. Peneliti menggunakan paragraph writing karena ini merupakan dasar unttuk dapat menulis esei berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Maka dari itu peneliti mengambil judul “Implementasi Metode Praktis Berbasis Pendekatan Informal pada Pembelajaran Paragraph Writing Mahasiswa Semster III Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban.” Jenis Penelitian ini Kualitatif dan bentuknya studi kasus. Pendekatan dalam penelitian ini fenomenologis dan metode penelitiannya Deskriptif-Kualitatif. Peneliti, berharap hasil penelitian inni bermanfaat bagi semua pihak terutama bagi mahasiswa Prodi PAI IAINU TUBAN. Peneliti, hanya mendeskripsikan saja hasil temuan penelitian di dalam kelas di mana ternyata mahasiswa lebih suka di ajak praktek berbahasa Inggris terutama Writing dengan santai, tidak tertekan oleh keadaan dan waktu. Disamping itu, peneliti juga sudah membekali pengetahuan tentang paragraf, jenis-jenis tulisan dan langkah-langkah dalam menulis paragraph writing sehingga akan menghasilkan pembelajaran yang dapat di tindaklanjuti dengan belajar secara otodidak di rumah dan hasilnya di harapkan akan maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tadris

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

FOKUS DAN RUANG LINGKUP JURNAL Jurnal tadris adalah sebuah jurnal ilmiah yang berisi publikasi hasil penelitian dan konsepsi atau pemikiran dalam ranah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal ini meliputi : 1. Pendidikan Islam formal dan non-formal 2. Kurikulum dan teknologi pendidikan Islam 3. ...