Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia, tanpa pendidikan manusia akan kehilangan arahnya. Pada penelitian ini akan dibahas tentang implementasi pembelajaran PAI berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh MTs Hidayatun Najah Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (field study). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kurikulum yang digunakan di MTs Hidayatun Najah Tuban adalah kurikulum 2013, namun dalam proses pembelajaran PAI murni bersumber dari kitab kuning. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan meliputi: a) pembelajaran penemuan, b) pembelajaran inkuiri, c) pembelajaran berbasis masalah, dan d) pembelajaran berbasis proyek. Dalam penerapan pembelajaran terdapat faktor yang menghambatnya antara lain tidak semua siswa menguasai bahasa Arab dan juga kesulitan siswa dalam menafsirkan kitab kuning. Untuk mengatasi permasalahan tersebut MTs yang bernaung dengan satu yayasan Hidayatun Najah, memiliki pondok pesantren Hidayatun Najah juga menerapkan kegiatan program upgrading kemampuan membaca dan menulis makna kitab. Sehingga dipastikan dalam satu tahun peserta didik sudah mahir membaca dan memaknai kitab kuning. Adapun menurut data dokumentasi nilai kognitif siswa menunjukkan hasil evaluasi pembelajaran PAI berbasis kitab kuning di MTs Hidayatun Najah Tuban sangat efektif diterapkan, ditunjukkan dengan 100% peserta didik tuntas belajar. Sedangkan penilaian afektif berdasarkan penuturan guru pengampu, menyatakan bahwa dengan belajar kitab kuning peserta didik menjadi percaya diri dalam menyampaikan kembali materi yang diajarkan dan dijalankan dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini juga selaras dengan kemampuan psikomotorik yakni peserta didik dapat mempraktekan ketentuan-ketentuan hukum Islam secara mendalam menggunakan dasar referensi dari kitab yang digunakan.
Copyrights © 2022