Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam
Vol 18 No 1 (2024): Tadris: Jurnal penelitian dan pemikiran pendidikan islam

PROFESIONALISME GURU DALAM ASESMEN FORMATIF DAN SUMATIF PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Rr. Kusuma Dewi Nur M. (Unknown)
Fathul Amin (Unknown)
Ahmad Ainur Rifa’i (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana sikap seorang guru profesional dalam menerapkan asesmen formatif dan asesmen sumatif pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (Library Reseach) dan Sumber data yang digunakan dari penelitian ini melalui kajian literatur-literatur dari penelitian sebelumnya. Hasil dalam penelitian adalah penilaian atau asesmen dibagi menjadi dua yaitu pertama, asesmen formatif yaitu sebuah penilaian yang dilakukan di awal pembelajaran dan sepanjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Kedua, asesmen sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran yang bertujuan untuk menilai capaian pembelajaran (CP) peserta didik, untuk dasar dalam penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan. Dalam menerapkan penilaian atau asesmen seorang guru harus mengerti tujuan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif dengan mempertimbangkan teknik- teknik asesmen yang diterapkan dalam proses penilaian sehingga demikian ketika guru memiliki mutu dan kualitas tinggi dalam pelaksanaan penilaian atau asesmen maka penilaian akan berjalan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadris

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

FOKUS DAN RUANG LINGKUP JURNAL Jurnal tadris adalah sebuah jurnal ilmiah yang berisi publikasi hasil penelitian dan konsepsi atau pemikiran dalam ranah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal ini meliputi : 1. Pendidikan Islam formal dan non-formal 2. Kurikulum dan teknologi pendidikan Islam 3. ...