Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana sikap seorang guru profesional dalam menerapkan asesmen formatif dan asesmen sumatif pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (Library Reseach) dan Sumber data yang digunakan dari penelitian ini melalui kajian literatur-literatur dari penelitian sebelumnya. Hasil dalam penelitian adalah penilaian atau asesmen dibagi menjadi dua yaitu pertama, asesmen formatif yaitu sebuah penilaian yang dilakukan di awal pembelajaran dan sepanjang proses pembelajaran yang bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Kedua, asesmen sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pada akhir pembelajaran yang bertujuan untuk menilai capaian pembelajaran (CP) peserta didik, untuk dasar dalam penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan. Dalam menerapkan penilaian atau asesmen seorang guru harus mengerti tujuan dari asesmen formatif dan asesmen sumatif dengan mempertimbangkan teknik- teknik asesmen yang diterapkan dalam proses penilaian sehingga demikian ketika guru memiliki mutu dan kualitas tinggi dalam pelaksanaan penilaian atau asesmen maka penilaian akan berjalan dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024