Evaluasi pembelajaran yang efektif memainkan peran penting dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA melalui implementasi Google Forms sebagai alat evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan siswa SMA sebagai subjek. Kegiatan ini meliputi perencanaan, studi literatur, desain modul Google Forms, pelatihan guru, implementasi di kelas, monitoring, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam skor rata-rata siswa dari 55 pada pretest menjadi 75 pada posttest. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan Google Forms efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara merata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknologi evaluasi berbasis Google Forms dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.
Copyrights © 2024