JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Validasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video Animasi yang Memuat Keterampilan Berpikir Kritis

Novriyaldi, Randi (Unknown)
Dewi, Wahyuni Satria (Unknown)
Desnita, Desnita (Unknown)
Suherman, Dea Stivani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing di tingkat global. Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, siswa didorong untuk aktif dalam merancang proses pembelajaran mereka sendiri dengan memanfaatkan berbagai media. Media ini memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk belajar sesuai dengan gaya dan kecepatan masing-masing. Namun, video animasi yang tersedia saat ini masih kurang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran fisika berbasis video animasi dengan menggunakan Wondershare Filmora yang valid dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hasil dari penerapan model pengembangan 4D menunjukkan validitas rata-rata 86, yang menunjukkan bahwa media ini sangat valid dan siap untuk penelitian lebih lanjut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...