Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru, kendala yang dihadapi, dan cara guru mengatasi hambatan dalam meningkatkan disiplin siswa melalui teknik pengendalian internal di Kelas VI SDN 07 Bilah Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan teknik pengendalian internal yaitu guru memberikan contoh sikap disiplin yang baik kepada siswa. Kendala bagi guru adalah masih adanya siswa yang datang terlambat, membuat keributan di kelas, dan tidak mengenakan seragam dengan benar. Untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, guru berupaya memberikan contoh perilaku disiplin yang baik, menegur siswa yang melanggar peraturan, dan memberikan nasihat.
Copyrights © 2024