Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pengetahuan dan nilai siswa di SD IT Robbani. Lingkungan sekolah penting dalam membentuk sikap, nilai, dan keyakinan keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap siswa dari beberapa sekolah di satu kota besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan tentang persepsi siswa terhadap kualitas lingkungan sekolah, partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan di sekolah, dan tradisi keagamaan mereka. Analisis regresi digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel lingkungan sekolah dengan nilai-nilai agama siswa dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keyakinan agama siswa. Siswa yang merasa lingkungan sekolahnya mendukung dan mendorong pengembangan nilai-nilai keagamaan akan lebih besar kemungkinannya untuk memiliki nilai-nilai keagamaan. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan keagamaan di sekolah juga dikaitkan dengan praktik keagamaan. Temuan ini penting tidak hanya bagi perencanaan dan pengelolaan lingkungan sekolah, namun juga bagi pengembangan program pendidikan agama di sekolah. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung, menerima, dan mendorong praktik keagamaan, sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman agamanya, dan pada akhirnya dapat membentuk karakter dan moral keagamaan.
Copyrights © 2024