Berbagai permasalahan tengah dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia saat ini dan manajemen strategi seharusnya dapat menjadi alternatif jalan keluar dari permasalahan-permasalahan tersebut. Permasalahan utama MA Al Fattahiyyah adalah belum dapat mengoptimalkanstrategi dalam menghadapi persaingan dan mengupayakan jaminan mutu yang berkelanjutan.Namun, selamaini pelatihan yang dilakukan dapat dikatakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan sekolah sebagai unit satuan penyelenggara pendidikan dilihat dari perspektif manajemenstrategi. Adanya pengabdian ini ditujukan sebagai upaya peningkatan kualitas pengajaran danpembinaan nonakademik di lingkungan sekolah tersebut. Pelatihan berfokus pada pengembangan metode pembelajaran kreatif di bidang olahraga, seni, dan organisasi serta pelatihan untukmeningkatkan soft skills guru dalam memotivasi dan membimbing siswa. Metode dalam pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang menitikberatkan pada partisipasi aktif peserta dalam mengikuti kegiatan. Hasil pengabdian ini yaitu terealisasinya pelatihanmanajemen strategi guru dalam meningkatkan prestasi nonakademik siswa di MA Al FattahiyyahTulungagung. Pelatihan ini dianggap sesuai dengan kebutuhan guru dalam menyusun strategi untuk meningkatkan prestasi murid. Terlaksananya kegiatan ini memberikan manfaat dandampak yang besar bagi guru dan juga lembaga MA Al Fattahiyyah khususnya dalam hal manajemen strategi. Melalui penerapan manajemen strategi, sekolah dapat membuat keputusan dengantepat untuk merealisasikan rencana yang nantinya merujuk pada tujuan sekolah.
Copyrights © 2024