Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No 1 (2024)

Evaluasi Implementasi Pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Proses Pembelajaran

Khairul, Ahmad (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Putri Azzara, Anggi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Jaratun Nisa, Nabila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Amanda Nst, Nadia Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Firza, Nadiah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ananda Siregar, Rizky (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Putri Aulia, Sukma (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Tulisan ini membahas mengenai implementasi pendekatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam proses pembelajaran. Dalam setiap pendekatan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehubungan dengan hal ini pendidikan pada umumnya juga pasti akan berkembang baik itu dari metode pembelajaran, kurikulum, kualitas pendidik, dan tentunya program-program penunjang kualitas diri dari peserta didik sendiri dalam upaya menjadi warga negara yang baik sesuai seperti tujuan dari pembelajaran IPS sendiri. Pembelajaran IPS memiliki orientasi menjadikan peserta didik sebagai aktor sosial yang memiliki kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka. Peneliti menganalisis dan membandingkan berbagai buku dan artikel yang memiliki relevansi dengan topik bahasan. Hasil analisis dan perbandingan kemudian direfleksikan dalam tulisan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa pendekatan dalam pembelajaran cocok dalam proses pembelajaran IPS yang dilakukan di sekolah. Misalnya saja jika menggunakan pendekatan pembelajaran Quantum Teaching yang dimana pendekatan ini menjadikan peserta didik sebagai subyek dalam pembelajaran. Sehingga dapat diharapkan proses belajar tersebut menjadi lebih menantang, komunikatif dan menyenangkan. Bayangkan jika setiap kegiatan pembelajaran dikelas memakai pendekatan pembelajaran tersebut, tentunya tidak ada kata bosan bagi peserta didik untuk belajar. Begitu juga dengan pendekatan pembelajaran IPS yang lain yang memiliki peran tersendiri dalam proses kegiatan belajar pada siswa.Mengingat artikel ini sebatas pada kajian pustaka maka direkomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan studi kuantitatif guna melihat seberapa besar pengaruh dari beberapa pendekatan yang ada dalam pembelajaran IPS. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...