Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 2, No 1 (2024)

Paradigma Pembelajaran IPS dan Permasalahanya

Yanzhuri, Mhd (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rivaldi, Taufik (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Irawan, M. Fadly (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Lingga, Ayu Saskia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Azhari, Sarah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang masyarakat, budaya, politik, ekonomi, dan lingkungan di sekitar mereka. Pemahaman siswa terhadap IPS tidak hanya dipengaruhi oleh materi pelajaran, tetapi juga oleh cara pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Paradigma pembelajaran yang digunakan dalam IPS memainkan peran penting dalam menentukan sejauh mana siswa dapat memahami dan menginternalisasi materi pembelajaran. Paradigma pembelajaran mencakup metode pengajaran, pendekatan kurikulum, dan strategi evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang penulis pakai didalam riset ini, bisa di tinjau dari sumber yaitu penelitian kepustakaan (Library Reseach). Hubungan antara paradigma pembelajaran dan permasalahannya dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bahwa paradigma pembelajaran memegang peran kunci dalam membentuk kualitas pembelajaran IPS dan potensi munculnya permasalahan dalam proses pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...