Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang masyarakat, budaya, politik, ekonomi, dan lingkungan di sekitar mereka. Pemahaman siswa terhadap IPS tidak hanya dipengaruhi oleh materi pelajaran, tetapi juga oleh cara pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Paradigma pembelajaran yang digunakan dalam IPS memainkan peran penting dalam menentukan sejauh mana siswa dapat memahami dan menginternalisasi materi pembelajaran. Paradigma pembelajaran mencakup metode pengajaran, pendekatan kurikulum, dan strategi evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang penulis pakai didalam riset ini, bisa di tinjau dari sumber yaitu penelitian kepustakaan (Library Reseach). Hubungan antara paradigma pembelajaran dan permasalahannya dalam Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bahwa paradigma pembelajaran memegang peran kunci dalam membentuk kualitas pembelajaran IPS dan potensi munculnya permasalahan dalam proses pendidikan.
Copyrights © 2024