Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei-Agustus 2024

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Think Pair Share Berbantuan Media Pizza Pecahan

Ayu Dwi (Unknown)
Fakhriyah, Fina (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan di kelas III SD Negeri 3 Blimbingrejo. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Blimbingrejo, dengan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental one group pretest posttest design . Indikator penyelesaian masalah yang digunakan yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yaitu 58,75, untuk rata-rata nilai posttest yaitu 79,77. Data tersebut diuji normalitas sehingga bisa dilakukan uji N-gain. Uji N-gain menunjukkan hasil 0,50 dengan kriteria peningkatan sedang setelah diterapkannya model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Pizza Pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...