Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 7 No 2 (2024): Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi

MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENERAPAN IQ DAN SQ DALAM MENANGANI MASALAH BULLYING DI SDN 12 LEMBANG

Widianti, Siti (Unknown)
Fitria, Ida Jalilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja guru melalui penerapan IQ dan SQ dalam menangani masalah bullying di SDN 12 Lembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun informan penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu: kepala sekolah, guru dan orang tua. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Penerapan IQ dalam penanganan masalah bullying di SDN 12 telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Melalui penerapan konsep IQ, guru-guru di SDN 12 dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kecerdasan intelektual siswa. Guru di SDN 12 menggunakan penerapan SQ untuk membantu siswa membangun keterampilan komunikasi yang lebih baik. Mereka mengajarkan siswa tentang pentingnya mendengarkan dengan baik, berbicara dengan sopan, dan menggunakan bahasa tubuh yang sesuai

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...