Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penerapan praktik dan teori akuntansi syariah di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mempelajari berbagai masalah dan situasi yang berkaitan dengan penerapan akuntansi syariah dalam konteks pendidikan. Berdasarkan kajian literatur dari berbagai sumber sekunder seperti jurnal, majalah, dan internet, penelitian ini mengembangkan model konseptual yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi syariah tidak hanya memberikan informasi keuangan yang transparan dan akurat, tetapi juga mendukung pembentukan karakter dan moralitas siswa melalui nilai-nilai spiritual dan etika Islam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk perumusan kebijakan pendidikan yang lebih baik dan peningkatan kualitas pembelajaran akuntansi syariah di Indonesia. Kata kunci: Akuntansi Syariah, Kualitas, Pendidikan, Indonesia.
Copyrights © 2024