Perhotelan merupakan industri yang sangat mengedepankan keramah-tamahan sebagai sebagai faktor utama dalam pelayanan. Area depan hotel yang merupakan tugas dari divisi kantor depan adalah tempat dimana tamu dan staff hotel banyak melakukan interaksi. Interaksi ini terutama dilkakukan oleh para staff front office. Untuk menunjang keramah-tamahan, para staff harus menerapkan etika komunikasi yang baik kepada tamu. Sebagai salah satu resort bintang lima yang ada di Pulau Lombok, penerapan etika komunikasi sebagai bagian dari keramh-tamahan dirasaperlu untuk diteliti di Aston Senggigi Beach Resort. Metode yang digunakan dalam peelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan analisis statistik. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa penerapan etika komunikasi oleh front office staff di Sheraton Senggigi Beach Resort adalah sangat baik. Hal itu dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi. Dari indikator syarat penerapan etika komunikasi yang telah telah dijawab oleh para informan, jumlah informan yang menjawab “ya” sebesar 94,5%, jawaban “kadang-kadang” sebesar 3,64% dan yang belum melaksanakan (menjawab tidak) sebesar 1,82 %. Untuk hasil observasi semua front office staff dapat dikatakan telah melaksanakan penerepan etika komunikasi dengan baik.
Copyrights © 2024