Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 9 No 3 (2024)

Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Konsumen pada Platform Social Commerce: Studi Kasus Konsumen Tiktok Shop di Jakarta

Muzaki, Ahmad (Unknown)
Wibowo, Setyo Ferry (Unknown)
Sari, Dewi Agustin Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk untuk menguji pengaruh positif dan signifikan sales promotion, online customer review, social media influencer, dan social media advertising terhadap purchase intention. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang didistribusikan secara online melalui platform media sosial seperti Whatsapp dan Instagram. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah responden yang belum pernah atau setidaknya mengetahui tentang platform Tiktok Shop yang berdomisili tempat tinggal di DKI Jakarta dan berumur minimal 17 tahun keatas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 250 responden. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 26 dan SEM (Structural Equation Model) dari software Lisrel 8.80 untuk melakukan proses analisis dan pengolahan data hasil penelitian. Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion, online customer review, social media advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kemudian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sosial media influencer tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...