penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran geografi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Terlebih pada materi yang tidak dapat dilihat dan diamati secara langsung oleh mereka, sebagai contoh materi litosfer. Meskipun telah banyak penelitian tentang media pembelajaran untuk materi litosfer, namun belum ada sintesis yang komprehensif terhadap penelitian-penelitian tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mensintesis berbagai artikel yang mengkaji tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual pada pembelajaran geografi materi litosfer dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Melalui pencarian pada Google Scholar (Google Cendekia), ditemukan sebanyak 136 artikel yang kemudian diseleksi menggunakan kriteria inklusi. Hasilnya, terdapat 13 artikel yang dianalisis dan disintesis sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan sintesis tersebut, diketahui bahwa media visual yang dimanfaatkan dalam pendidikan geografi materi litosfer yaitu media animasi, kartu bergambar, multimedia memory sport, media web-based, e-modul, e-comic, motion graphic, aplikasi android, augmented reality, media tiga dimensi, dan video, baik video yang berdiri sendiri maupun terintegrasi dengan Learning Management System (LMS). Kelebihan dan kekurangan masing-masing media pembelajaran selayaknya dijadikan pertimbangan dalam pemanfaatan media pada pendidikan geografi materi litosfer.
Copyrights © 2024