Educatio
Vol 19 No 1 (2024): Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Asy'ari, M. Hasan (Unknown)
Waluyo, Edy (Unknown)
Badarudin, Badarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

              Pendidikan dipandang sebagai upaya dan perencanaan yang disengaja untuk menciptakan situasi belajar dan lingkungan pembelajaran yang menggalakkan peserta didik untuk aktif mengasah dan menemukan bakat mereka, termasuk kecerdasan, keterampilan, dan kepribadian yang diperlukan saat mereka berinteraksi dalam lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Tematik Berbasis Power point Interaktif” siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian research and development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi), (5) evaluasi. Penellitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Intrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi . Validasi dilakukan oleh ahli bahasa, ahli tampilan, dan ahli materi, dengan kriteria yang mencapai tingkat kebaikan yang sangat baik. Tes hasil belajar peserta didik pada tes skala makro menunjukkan tingkat pencapaian sebesar 95%, sementara tes skala mikro memperoleh tingkat kesuksesan 100%. Respon peserta didik dari angket secara total menunjukkan tingkat setuju terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran ini efektif digunakan untuk siswa sekolah dasar terutama kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...