AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 13, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Wahyuni Aflah Rambe (Universitas Negeri Padang)
Edwin Musdi (Universitas Negeri Padang)
Suherman Suherman (Universitas Negeri Padang)
Ali Asmar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada tes awal kemampuan pemecahan masalah. Guru belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan model teknologi dan model pembelajaran yang inovatif sebagai penunjang proses pembelajaran matematika. Penggunaan video interaktif dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar anak dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Develompment) menggunakan model Plomp. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video interaktif yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil Validasi video interaktif adalah sebesar 3,48 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil angket respon peserta didik terhadap praktikalitas video interaktif pada tahap small group evaluation dan field test sebesar 95,57% dan 96,92% dengan kriteria sangat praktis. Hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah diperoleh presentasi nilai yang tuntas sebesar 80%, sehingga video interaktif dengan menggunakan model CTL memiliki kriteria yang efektif. Oleh karena itu video interaktif yang dihasilkan sudah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. This research was motivated by the low mathematical problem solving abilities of students in the initial test of problem solving abilities. Teachers have not fully used learning media by using technology models and innovative learning models to support the mathematics learning process. The use of interactive videos using the Contextual Teaching and Learning (CTL) model is an effort to meet children's learning needs in improving mathematical problem solving abilities. This research is R&D (Research and Development) research using the Plomp model. This research aims to produce products in the form of interactive videos that are valid, practical and effective for improving students' mathematical problem solving abilities. The interactive video validation result was 3.48 with very valid criteria. Meanwhile, the results of the student response questionnaire regarding the practicality of interactive videos at the small group evaluation and field test stages were 95.57% and 96.92% with very practical criteria. The results of the final test of problem solving ability obtained a complete score presentation of 80%, so that interactive videos using the CTL model have effective criteria. Therefore, the interactive video produced is valid, practical and effective in improving students' mathematical problem solving abilities.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...