Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Vol 7 No 2 (2024): Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam

PESAN MORAL DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MORAL DI SEKOLAH DASAR

Nursyahbani, Via Fajriyah (Unknown)
Anshori, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pesan moral dalam film Animasi Upin Ipin. Dalam pembelajaran di sekolah, film animasi yang mengandung pesan-pesan moral dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Anak usia sekolah dasar biasanya lebih tertarik, cepat menangkap, dan meniru apa-apa yang mereka saksikan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) di mana sumber primernya adalah episode-episode pilihan dari film animasi Upin Ipin. Sementara data sekundernya berasal dari buku, jurnal, website yang relevan dengan pembahasan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pesan-pesan moral dalam film animasi Upin Ipin adalah: 1) Episode "Godaan Puasa" berisi pesan moral untuk saling berbagi terhadap sesama, bersyukur, saling tolong-menolong terhadap sesama, bersabar, dan menahan godaan hawa nafsu di bulan puasa. 2) Episode "Raya Penuh Makna" berisi pesan moral untuk saling mengasihi, menghidupkan malam Lailatul Qadar, dan menjaga tali silaturahmi terhadap keluarga, saudara, teman dan tetangga. 3) Episode "Tamak Selalu Rugi" berisi pesan moral untuk bijaksana dalam menentukkan sesuatu dan memaafkan kesalahan orang lain. Selanjutnya, relevansi film animasi Upin Ipin dalam pendidikan moral di sekolah dasar pada 3 episode pilihan yaitu memiliki kaitan nilai religius, integritas, mandiri dan gotong royong.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurdir

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Dirasah adalah jurnal pemikiran dan pendidikan dasar islam, tema yang dibahas sangt relevan dengan dunia kependidikan dasar islam dan menjadi bahan referensi internal terutama pada studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, meliputi bidang pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, kewarganegaraan, ...