re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management)
Vol. 7 No. 1 (2024)

STRATEGI KOMPETENSI MANAJERIAL DAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU

Syarif Hidayatullah (Unknown)
Yusrianti, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Strategi kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi pendidikan merupakan faktor penting dalam upaya peningkatan profesionalisme guru. Kompetensi manajerial kepala sekolah yang meliputi kemampuan merencanakan, mengorganisasi, mengkoordinasikan, mengontrol, serta mampu memanfaatkan sumber daya sekolah secara maksimal turut berperan dalam memberdayakan guru untuk meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode kepustakaan. Informasi dikumpulkan lewat referensi yang relevan buat dianalisis semacam mengumpulkan informasi dengan mengenali wacana dari bermacam rujukan semacam buku-buku, makalah ataupun postingan, jurnal, internet (website) ataupun informasi lain berbentuk data, majalah serta lain sebagainya yang berkaitan dengan strategi kompetensi manajerial dan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesional guru. Upaya peningkatan profesionalisme guru yang dilaksanakan secara terpadu antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi pendidikan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Dengan demikian, strategi tersebut akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhanperlu adanya komitmen bersama antara kepala sekolah dan guru untuk terus meningkatkan kompetensi masing-masing secara profesional demi peningkatan mutu pendidikan. kinerja guru sangat menentukan dalam kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran disekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

re-jiem

Publisher

Subject

Education Other

Description

re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) is a peer-reviewed journal on Islamic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published twice a year (June and December). The editors welcome scholars, researchers and ...