Penelitian ini dengan tujuan (1) Mendeskripsikan Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (3) Mendeskripsikan Evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (4) Mendeskripsikan Tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (5) Mendeskripsikan Kendala kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan kepala madrasah dan guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu memvalidasi data, mengorganisasikan data, penyajian data dan penafsiran data atau membuat kesimpulan.Hasil menunjukan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai berikut (1) Tahap perencanaan menentukan jadwal pelaksanaan supervisi, penyusunan dokumen-dokumen pembelajaran untuk supervisi serta lembar penilaian oleh kepala madrasah. (2) Tahap pelaksanaan dengan observasi kelas dan kunjungan kelas melihat pembelajaran secara langsung kemudian mencatat dan menilai proses pembelajaran yang berlangsung tersebut. (3) Tahap evaluasi yaitu memanggil langsung guru yang disupervisi satu persatu, menyampaikan mengenai beberapa catatan maupun masukan yang berkaitan dengan hasil dari penilaian selama supervisi dilakukan seperti kesesuaian RPP dan Modul Ajar, metode, media dan teknik penilaian pembelajaran. (4) Tahap tindak lanjut setelah dilakukan evaluasi supervisi oleh kepala madrasah yaitu dengan memberikan pelatihan sebagai penguatan dan menambah wawasan pengetahuan bagi dewan guru agar lebih baik lagi kedepannya. (5) Kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru terutama dalam kegiatan supervisi akademik yaitu keterbatasan waktu kepala madrasah untuk memanggil dewan guru satu-persatu untuk dievaluasi, kekurangan guru danĀ jumlah jam guru mengajar yang sangat padat sehingga sulit untuk mengatur jadwal kegiatan supervisi, kesulitan dalam mengalokasikan waktu untuk kegiatan tindak lanjut karena padatnya jam mengajar guru.
Copyrights © 2024