Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran akuntansi dasar di SMK Negeri 1 Teluk Keramat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari satu orang guru akuntansi dasar dan lima orang peserta didik kelas X jurusan akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Teluk Keramat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar adalah kesulitan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan dalam melakukan penilaian, minat dan motivasi belajar peserta didik yang rendah dan masalah gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda. Alternatif solusi yang ditawarkan dalam mengatasi problematika guru dan peserta didik yaitu mengikuti pelatihan, mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), memanfaatkan platform merdeka mengajar, dan menggunakan model serta media pembelajaran yang bervariasi. Kata kunci: Problematika, Kurikulum Merdeka Belajar, Akuntansi Dasar
Copyrights © 2024