JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 7 No. 3 (2023): JATI Vol. 7 No. 3

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA BERUPA GAME EDUKASI MENGGUNAKAN APK SCRATCH DI SMAN 4 PARIAMAN

Nurhaliza Jaser, Siti (Unknown)
Sesmiarni, Zulfani (Unknown)
Syawaluddin, Syawaluddin (Unknown)
Yusri, Fadhilla (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran informatika berupa game edukasi. Media ini dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berupa Game Edukasi Menggunakan Apk Scratch di SMA Negeri 4 Pariaman ini merupakan proram bantu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development versi 4-D. Versi 4D ini terdiri dari define, desain, develop, pengembangan multimedia Thiagrajan. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji validitas, Uji Produk, dan Uji Efektivitas. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis game edukasi yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran informatika kelas X. Dari hasil uji coba maka didapatkan hasil uji validitas 2 penguji media dengan kriteria valid dan mendapatkan rata-rata 0,83, hasil uji dengan 2 penguji praktikalitas dengan kriteria sangat tinggi dengan rata-rata 0,89, dan hasil uji efektifitas dengan guru serta siswa dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata 0,81. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi ini dapat digunakan oleh siswa di SMA Negeri 4 Pariaman. Untuk dapat mengakses game edukasi scratch dapat di akses menggunakan link.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...