JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 2 (2024): JATI Vol. 8 No. 2

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME ADVENTURE NOIR

Ayu Setyaningrum, Amelya (Unknown)
Panji Sasmito, Agung (Unknown)
Zulfia Zahro', Hani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Pengembangan game petualangan menantang dalam manajemen alur cerita dan interaksi karakter dengan lingkungan. Penerapan Finite State Machine (FSM) menjadi solusi efektif untuk mengelola kompleksitas ini. FSM adalah model matematika yang merepresentasikan logika perpindahan state dalam suatu sistem. Dalam konteks game "Noir", FSM digunakan untuk mengatur perilaku karakter, alur cerita, dan interaksi dengan lingkungan. Hasil pengujian yang melibatkan 20 responden, ditemukan bahwa 38.5% dari responden sangat setuju dengan tingkat kesulitan permainan meningkat saat beralih ke tahap berikutnya dalam permainan, 21% setuju, 16% cukup, 6% tidak setuju, dan 13.5% sangat tidak setuju. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi FSM pada "Noir" memberikan dampak positif terhadap pengalaman bermain, khususnya dalam aspek kualitas suara dan suasana permainan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...