Zecko adalah kisah sukses dalam industri pembuatan jersey bola dengan fokus pada kualitas dan inovasi. Meskipun telah menarik perhatian pasar dan meningkatkan pangsa pasarnya, Zecko masih bergantung pada WhatsApp untuk mengelola pesanan. Keputusan ini menghambat pertumbuhan bisnis. Oleh karena itu, Zecko berencana untuk membangun e-commerce berbasis mobile untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan User Interface dan User Experience e-commerce berbasis mobile umkm di zecko dengan metode human centered design. Human Centered Design (HCD) merupakan sebuah pendekatan untuk mendesain dan mengembangkan sistem yang bertujuan untuk membuat sistem lebih mudah digunakan dengan menerapkan faktor pengetahuan dan manusia atau ergonomis. Metode Human Centered Design (HCD) memiliki 5 tahapan yaitu Understand and specify the context of use, Specifying the user requirements, Producing design solutions dan Evaluating the design solution.Berdasarkan metode perancangan dan pengujian yang digunakan dalam penelitian ini, hasilnya adalah rancangan e-commerce berbasis mobile untuk UMKM di Zecko dengan rata-rata nilai System Usability Scale (SUS) 92.5, yang termasuk dalam grade A dan dapat diterima oleh pengguna.
Copyrights © 2024