“Trashpocalypse” merupakan sebuah game edukasi yang bertemakan lingkungan dengan genre Visual Novel dan Metroidvania 2D Platformer. Game edukasi ini menceritakan tentang pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah, sehingga harapan untuk pemain adalah dapat meningkatkan pemahaman mengenai jenis sampah dan kesadaran untuk menjaga lingkungan dari sampah. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana tahapan mengenai pengembangan game yang memiliki tema lingkungan dengan genre Visual Novel dan Metroidvania 2D Platformer. Game “Trashpocalypse” dikembangkan dengan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu initiation, pre-production, production, alpha testing, beta testing dan release version dengan menggunakan Unity. Testing dilakukan dengan menggunakan metode black box testing yang berfokus terhadap fungsional perangkat lunak atau fungsi fitur. Hasil alpha dan beta testing memiliki hasil yang efektif tanpa adanya bug yang ditemukan. Selain itu, pada hasil beta testing menunjukkan game “Trashpocalpyse” mampu menyajikan pengalaman bermain yang seru dan menarik serta cerita yang diangkat sangat unik dan menghibur sehingga terdapat pesan untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Dengan demikian, penggunaan unity dapat menjadi alat yang efektif karena menyediakan fitur yang sangat mendukung dalam pengembangan game dan penerapan metode GDLC dapat memastikan setiap tahap pengembangan game dilakukan secara terstruktur.
Copyrights © 2024