Kemampuan berbahasa merupakan fondasi penting bagi anak untuk memahami proses belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak usia dini di beberapa wilayah masih rendah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis alam menggunakan loose parts di lingkungan sekolah. Loose parts adalah bahan atau objek yang tidak terstruktur yang dapat dipindahkan, diatur, dan disusun kembali oleh anak sesuai dengan imajinasi dan kreativitas mereka. Pembelajaran berbasis alam dengan loose parts memberikan anak kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam eksplorasi dan bermain bebas, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mereka secara lebih efektif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi pembelajaran berbasis alam dengan loose parts dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A di TK Kristen Aletheia Pontianak. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui penerapan pembelajaran berbasis alam dengan loose parts di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024