Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 6 (2024): Agustus

Pelatihan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Pembelajaran Tajwid dengan Metode Jami’ati di TPQ Desa Begendeng Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk

Lestari, Nurul Dwi (Unknown)
Khotimah, Khusnul (Unknown)
Nisa, Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang di dalamnya terdapat perintah-perintah Allah dan larangan-larangan-Nya yang ditujukan pada umatnya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dalam membaca Al-Qur’an dibutuhkan ilmu Tajwid agar setiap bacaan dapat dibaca dengan baik dan benar. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menerapkan salah satu metode membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu metode jami’ati dalam pembelajaran BTQ di Desa Begendeng. Kemampuan murid di TPQ Desa Begendeng berbeda-beda. Oleh sebab itu, perlu digunakan metode jami’ati untuk memfasilitasi mereka dalam BTQ. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode PAR. Pengabdi melakukan 5 tahapan pelaksanaan, yaitu to Know (untuk mengetahui), to Understand (untuk memahami), to Plan (untuk merencanakan), to Action (aksi) dan to Reflection (untuk refleksi). Hasil kegiatan pengabdian ini adalah melalui pembelajaran BTQ dengan metode jami’ati di TPQ Desa Begendeng, anak-anak dapat membaca al-Quran dengan benar, serta lebih tepat dalam pelafalan, dan pemahaman dalam penulisan Al-Qur’an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...