Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 6 (2024): Agustus

Penggunaan Metode Discovery learning dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Di TK ZONAKATA Pontianak

Bylla, Nada Shalsa (Unknown)
Fransyska, Bella (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Artikel ini membahas penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran Sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK ZONAKATA Pontianak. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak-anak melalui penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pendidikan anak usia dini memegang peranan penting dalam mengembangkan kognisi anak, termasuk kemampuan berpikir kritis. Melalui eksperimen seperti Kapas Pelangi, Jembatan Benang, Bunga Tissue, Botol Anti Tumpah, dan Bom Air, metode discovery learning mengaktifkan partisipasi anak dalam proses belajar, memperkuat observasi, analisis, dan kreativitas mereka. Hasil eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep Sains dan keterampilan berpikir kritis, serta pentingnya pendekatan ini dalam mempersiapkan generasi masa depan yang kompeten.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...