Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 6 (2024): Agustus

Strategi Guru dalam Penanganan Kesulitan Belajar Siswa di Kelas Inklusi: Studi Kasus di TK ZONAKATA

Efa, Yossefa Kriza (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Rahayu, Tantri Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas inklusi memerlukan strategi yang terencana dan adaptif. Seperti: Penilaian Awal dan Berkelanjutan, Penyusunan Rencana Pembelajaran Individual (RPI), Modifikasi Kurikulum dan Metode Pengajaran, Penggunaan Teknologi Pendidikan, Pengelolaan Kelas yang Efektif, Pembelajaran Kolaboratif, Penggunaan Bahan Ajar yang Beragam, Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru, Dukungan Psikososial, Komunikasi dengan Orang Tua. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah; Dalam proses pembelajaran, anak berkebutuhan khusus setara dengan anak normal, dan guru memberikan dukungan dikelas serta menggunakan media pembelajaran yang menarik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa, yaitu ketidakstabilan emosi anak, kurangnya perhatian orang tua. (3) Ciri-ciri anak yang mengalami keselitan belajar: lambat berbicara, menulis dan membaca, kebingungan membedakan huruf b dan p, 6 dan 9, dan sering salah pengucapan kalimat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...