Motivasi belajar merupakan salah satu upaya yang dapat mempengaruhi keterlibatan dan keberhasilan anak-anak dalam belajar. Kerap kali motivasi dalam belajar menjadi sebuah permasalahan dalam dunia pendidikan, terutama di lingkungan dengan dukungan pendidikan yang terbatas. Untuk meningkatkan motivasi dan dukungan terhadap kondisi lingkungan pembelajaran, program pengabdian masyarakat di Desa Kuala Keritang mengimplementasikan metode fun learning sebagai salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi intrinsik anak-anak. Program ini menciptakan kondisi lingkungan belajar yang menyenangkan dan interaktif. Dalam pelaksanaan program, terdapat beberapa aktivitas yang dilaksanakan seperti dongeng edukatif, pemutaran film edukatif melalui bioskop mini, dan pojok baca literasi yang dirancang untuk merangsang minat anak-anak dalam memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. Implementasi program menunjukkan melalui program ini motivasi intrinsik belajar anak mengalami peningkatan. Dengan berjalannya program ini menunjukkan bahwa metode belajar dengan menggunakan pendekatan fun learning efektif dalam meningkatkan motivasi intrinsik belajar anak.
Copyrights © 2024