Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam pendidikan anak. Namun, masih terdapat banyak siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mengalami kesulitan dalam menguasai literasi ini, terutama di SDN 1 Lembang. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa kelas 4, 5, dan 6 di sekolah tersebut melalui pendekatan partisipatif, dengan kegiatan seperti rumah belajar, bacaan berkelompok, menulis kreatif, dan permainan literasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa, dengan 70% siswa menunjukkan peningkatan pemahaman bacaan dan 60% siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan menulis mampu menyusun kalimat dengan lebih baik. Faktor-faktor seperti minat, metode pembelajaran interaktif, serta dukungan guru dan orang tua berperan signifikan dalam keberhasilan program ini. Program ini diharapkan dapat menjadi model dalam pengembangan literasi di sekolah-sekolah lain.
Copyrights © 2024