Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Dongeng Kearifan Lokal Sasak pada Siswa Kelas 2 SDN 1 Waringin

Aswasulasikin, A (Unknown)
Pujiani, Sri (Unknown)
Saputra, Hendri (Unknown)
Masyhuri (Unknown)
Husni, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SDN 1 Waringin melalui pendekatan pembelajaran menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket minat baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendekatan pembelajaran dengan menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak secara signifikan meningkatkan minat baca siswa di kelas 2. Sebelum intervensi, 56 % siswa memiliki tingkat minat baca "Rendah," tetapi setelah Siklus 1, angka tersebut menurun menjadi 37%, sementara siswa dengan tingkat minat baca "Tinggi" meningkat menjadi 33%. Pada Siklus 2, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan 52% siswa menunjukkan tingkat minat baca "Tinggi". 2) Hasil observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan yang signifikan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Pada Siklus 2, persentase keterlaksanaan rencana pembelajaran mencapai 90% dan dinilai "Sangat Baik," menandakan kemajuan dalam pembelajaran menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak. 3) Observasi aktivitas siswa juga menunjukkan perbaikan yang berarti. Pada Siklus 2, 56% siswa termasuk dalam kategori "Sangat Aktif," menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran

Copyrights © 2024