Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Permainan Tradisional Gowokan Dalam Membentuk Kecakapan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Burhanuddin, Burhanuddin (Unknown)
Habibuddin, Habibuddin (Unknown)
Mandani, Ovi (Unknown)
Zohrani, Zohrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemahaman guru tentang peran dan fungsi permainan tradisional gowokan, mendeskripsikan peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dan, merefleksikan aspek pendukung dan penghambat peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dalam membentuk kecakapan sosial anak pada usia sekolah dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum terlalu memahami peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dalam membentuk kecakapan sosial anak pada usia sekolah dasar, hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru jarang memanfaatkan permainan tradisional. Permainan tradisional gowokan dapat memberikan kesenangan pada anak, kemampuan untuk menjadi relasi, kerja sama, melatih kematangan sosial dengan teman sebaya, berlatih peran dengan orang yang lebih dewasa, melatih anak untuk bersabar secara bergantian ketika melakukan sesuatu permainan, serta kemampuan untuk menerima kekalahan dengan lapang dada dan mengakui kemenangan teman.

Copyrights © 2024