Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Big Data dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini meneliti implementasi Big Data di beberapa sekolah untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui wawancara dengan manajer sekolah dan analisis dokumen terkait. Temuan menunjukkan bahwa sekolah yang mengintegrasikan Big Data dalam proses pengambilan keputusan berhasil meningkatkan kinerja siswa dan efisiensi operasional mereka. Big Data memungkinkan sekolah untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar, mengidentifikasi tren yang sebelumnya tidak terlihat dengan metode tradisional, serta mengurangi ketidakpastian dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan. Meskipun ada tantangan dalam penerapan Big Data, seperti keterbatasan dalam interpretasi data oleh manajemen sekolah, investasi dalam pelatihan analisis data terbukti membantu mengoptimalkan manfaat yang diperoleh. Penelitian ini menegaskan bahwa Big Data bukan hanya alat untuk pengumpulan data, tetapi juga dapat digunakan untuk mendukung keputusan yang lebih cepat, tepat, dan berdampak positif bagi seluruh proses pendidikan
Copyrights © 2024