Literasi budaya adalah kemampuan memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media stik pancabudi (Pancasila dan budaya di Indonesia) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SDN Mlatiharjo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 28 siswa dan 1 guru wali kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dan observasi ditujukan pada guru dan seluruh siswa kelas IV berjumlah 28 siswa. Wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan sebelum dan sesudah penggunaan media stik pancabudi. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya literasi budaya, dibuktikan dengan nilai presentase 86,2% dengan kategori baik dalam penerapan media stik pancabudi pada pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam kehidupanku. Media ini berhasil membuat siswa mampu menganalisis, menjelaskan, memberikan contoh, menceritakan, dan mempraktikkan perilaku yang mencerminkan karakter Pancasila. Selain itu, siswa mampu mengenali keberagaman budaya dan budaya yang ada disekitar mereka.
Copyrights © 2024