Jurnal Penelitian Inovatif
Vol 4 No 3 (2024): JUPIN Agustus 2024

Penggunaan Stik Pancabudi (Pancasila dan Kebudayaan di Indoneisa) Keanekaragaman Budaya untuk Meningkatkan Literasi Budaya Kelas IV

Nisa, Alfi Khoirun (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)
Rahayu, Susilowati (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Literasi budaya adalah kemampuan memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media stik pancabudi (Pancasila dan budaya di Indonesia) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SDN Mlatiharjo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek 28 siswa dan 1 guru wali kelas. Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dan observasi ditujukan pada guru dan seluruh siswa kelas IV berjumlah 28 siswa. Wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan sebelum dan sesudah penggunaan media stik pancabudi. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya literasi budaya, dibuktikan dengan nilai presentase 86,2% dengan kategori baik dalam penerapan media stik pancabudi pada pelajaran Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam kehidupanku. Media ini berhasil membuat siswa mampu menganalisis, menjelaskan, memberikan contoh, menceritakan, dan mempraktikkan perilaku yang mencerminkan karakter Pancasila. Selain itu, siswa mampu mengenali keberagaman budaya dan budaya yang ada disekitar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupin

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif ...