Jurnal Penelitian Inovatif
Vol 4 No 3 (2024): JUPIN Agustus 2024

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Materi Luas Persegi Panjang di Kelas IV SDN Mlatiharjo 02

Islah, Ade Asmaul (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)
Rahayu, Susilowati (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas guna memenuhi kebutuhan belajar individu setiap peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika materi luas persegi panjang dan dampaknya pada peserta didik di kelas IV SDN Mlatiharjo 02. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan peserta didik di kelas IV SDN Mlatiharjo 02. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan delapan indikator keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data kualitatif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran berdiferenasiasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada diferensiasi konten dan diferensiasi proses mata pelajaran matematika materi luas persegi panjang di kelas IV SDN Mlatiharjo 02. Implementasi pembelajaran diferensiasi dapat memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam dan memberikan dampak pada keaktifan belajar peserta didik dengan presentase tingkat pencapaian 83,4% yang termasuk dalam kategori baik dengan menggunakan delapan indikator keaktifan peserta didik. Tingkat pencapaian keaktifan tertinggi sebesar 89,2% yaitu pada indikator 1 dan 3. Tingkat pencapaian keaktifan terendah sebesar 78,5% yaitu pada indikator 5 dan 8. Peserta didik menjadi aktif bertanya dan memberikan respon/tanggapan saat berdiskusi ataupun presentasi selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupin

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif ...